Kesalahan Utama Pemilik Toko Online – Selama melayani jasa pembuatan website, kami sudah melayani klien membangun berbagai macam toko online baik yang personal maupun perusahaan. Ketika kedatangan calon klien yang ingin membangun toko online, ada 2 jenis calon klien yang biasa kami hadapi yang kami sebut confidence anda serious client, sedangkan kelompok kedua experimentalist client.

Confidence and serious client

Untuk menggambarkan tipe confidence and serious client ini kami memberikan contoh kasus ketika salah seorang klien datang kepada kami di tahun 2008 lalu. Beliau menceritakan bahwa ia telah memiliki toko online yang khusus menjual aksesoris mobil sejak tahun 2006.  Secara pribadi klien ini sangat yakin bahwa produknya memiliki nilai jual yang tinggi secara online, namun dengan toko online yang ia miliki, keyakinannya tidak terjawab. Jangankan bisa memberikan omset yang tinggi, pengunjung toko onlinenya dalam sehari bisa dihitung dengan jari.

Setelah mempelajari dan menganalisa, kamipun menyampaikan kelemahan dan kekurangan dari website yang ia miliki,  terutama dari segi kualitas struktur dan konten website. Website atau toko online adalah sebuah investasi. Selain harus dibangun dengan struktur yang benar, juga harus dikelola secara benar. Selain produk yang akan dijual, anda harus memiliki website dengan struktur yang baik dan kemudian harus memiliki kesiapan ataupun sumber daya untuk mengelola konten website dengan tepat juga. Karena website yang berkualitas adalah  website yang terintegrasi antara sturktur dan kontennya. Website-website seperti inilah yang seiring perjalanan waktu akan mendatangkan pengunjung maksimal secara organik dari search engine, khususnya Google.

Faktor yang menentukan berikutnya adalah tampilan dan navigasi website. Trafik yang tinggi pada sebuah toko online tidak menjamin akan terjadi transaksi yang tinggi jika tampilan website tidak profesional dan navigasi website tidak user-friendly. Perlu diketahui bahwa internet user ataupun online shopper, ketika mencari produk melalui internet, mereka akan membuka beberapa website ataupun toko online sejenis yang ditemukan melalui search engine. Selain faktor harga, rasa secure, nilai kredibilitas dan kemudahan mereka memilih produk serta melakukan transaksi adalah yang paling menentukan bagi online shopper dalam memutuskan di toko online mana mereka akan melakukan pemesanan. Kredibilitas dan kemudahan inilah yang ditentukan oleh desain tampilan serta sistem navigasi toko online.

BACA JUGA  Kisah Pengusaha Kecil Yang Sukses

Berdasarkan penjelasan kami, si klien setuju untuk menggunakan jasa Dunia Online. Tentunya ia harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar dari jasa pembuatan toko online yang digunakan sebelumnya. Dan tentunya ia akan memilik PR yang lebih banyak dalam mengelola toko online selanjutnya.   Alhasil, berkat toko online yang berkualitas, keyakinan dan kesiapan si klien dalam mengelola, dalam2 tahun toko onlinenya dapat memberikan omset lebih dari 300 juta sebulan.

Contoh kedua ketika sepasang suami istri pengusaha retail pakaian hamil dan menyusui datang kepada kami, ingin melebarkan bisnis retailnya dengan melakukan penjualan online. Sepasang klien ini sangat yakin bahwa penjualan online sangat menjanjikan karena salah satu agen atau reseller mereka telah berhasil menjalankan bisnis online dengan omset yang luar biasa.  Namun klien mengakui bahwa mereka sangat gaptek (gagap teknologi) sehingga tidak memiliki gambaran bagaimana website yang berkualitas dan bagaimana mengelola sebuah toko online.  Cukup dengan keyakinan seperti itu, kamipun menawarkan solusi pengembangan toko online hingga pengelolaannya. Klien setuju  bahwa biaya yang akan dikeluarkan merupakan investasi. Alhasil belum setahun berjalan, toko online khusus baju hamil mereka telah memberikan omset lebih dari 75 juta rupiah perbulan.

Experimental Client

Kemudian ada jenis experimental client, atau klien yang hanya bersifat coba-coba, tidak memiliki keyakinan dengan bisnisnya jika dijalankan secara online. Contoh kasusnya :

Seorang pemilik website datang berkonsultasi bahwa ia telah memiliki toko online yang menjual buku selama kurang lebih 2 tahun. Selain kesulitan mengelola produk, pengunjung toko onlinenya juga sangat minim. Berdasarkan analisa kami hanya 100 – 200 pengunjung perhari.

Setelah mempelajari, kamipun menyampaikan kelemahan-kelemahan yang ada pada toko onlinenya, baik secara struktur hingga pengelolaan kontennya. Berdasarkan itu kami memberikan solusi-solusi apa yang harus dilakukan. Selain memperbaiki sistem toko online, tentunya harus dikelola secara benar juga. Namun sang klien hanya menjawab bahwa untuk mengelola toko online seperti saran kami dia merasa belum perlu. Penjualan online tidak menjadi target utama, hanya untuk membantu penjualan off line mereka.  Jenis klien seperti ini jarang berhasil dalam menjalankan toko online.

BACA JUGA  Ide Bisnis Rumahan Dan Cara Memilih Usaha Jenis ini

Ada banyak jenis klien seperti ini. Mereka berkeinginan untuk memiliki toko online, namun tidak memiliki keyakinan serta tidak bersedia memberikan effort maksimal dalam mengelola toko online. Sebagian dari jenis klien seperti ini juga hanya mencari jasa pembuatan toko online yang murah. Terkesan bagi mereka “yang penting sudah memiliki toko online”.  Dan akhirnya toko online yang dijalankan stag tidak memberikan hasil maksimal. Pemilik toko pun akan semakin skeptis dan pesimis dengan toko onlinenya sendiri.

Dunia online juga memiliki beberapa jenis klien experimental ini. Toko online sudah dibangun namun hanya dikelola seadanya. Ketika kami secara rutin memberikan dorongan agar toko online dikelola secara maksimal, biasanya alasan yang diberikan adalah sibuk dan belum memiliki cukup waktu.  Sementara untuk merekrut tenaga-tenaga khusus atau menggunakan jasa kami dalam mengelola, pemilik masih enggan mengeluarkan invetasi tambahan karena kurang yakin bahwa investasinya akan memberikan revenue maksimal. Inilah kesalahan utama pemilik toko online. Keyakinan dan effort yang kurang pada toko onlinenya. Dan ketika toko online berjalan selama beberapa waktu tanpa hasil memuaskan, mereka cenderung menyalahkan sistem atau pesimis dan beranggapan bahwa toko online memang belum memberikan peluang bisnis yang cukup besar.

Like & Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •